Macro

Lebah, Objek Makro untuk Melatih Kesabaran

on
October 7, 2016

LebahLebah adalah serangga favorit saya untuk diabadikan sebagai ojek makro. Memiliki bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya, tapi tetap cantik.

Kalau kamu mau mengabadikan serangga ini sebagai objek makro kamu, kamu harus memiliki kesabaran tingkat tinggi, bagus juga untuk orang yang sedang melatih kesabaran :). Gerakannya sangat gesit, biasanya mulai sedikit gerakan ketika sedang menghisap madu. Karena bentuknya yang kecil, pengambilan sebaiknya dari jarak yang sangat dekat. Jika menggunakan lensa makro, bisa diambil dari jarak kira-kira 10cm dari depan lensa, tentunya membuat DoF semakin tipis. Untuk mengatasi hal ini, gunakan ukuran diagfagma yang jangan terlalu besar (angka besar). Serangga ini banyak ditemukan di area yang banyak bunganya, biasanya mereka berterbangan di sekitar bunga dalam rangka mencari madu untuk dibawa ke sarang dengan menempelkan madu pada kakinya.

Karena gerakannya yang cepat dan gesit, sebaiknya gunakan shutter speed yang lumayan tinggi, tentunya harus diambil pada saat cuaca cerah dan sangat cukup cahaya agar dapat mengejar ukuran ISO yang rendah. Pada gambar di atas saya ambil dengan menggunakan kamera Nikon dengan lensa makro pada kecepatan 1/400s dan diagfragma f/7.1. Untuk dapat menghasilkan gambar makro yang lebih extrim lagi, kamu bisa gunakan filter Raynox di depan lensa, namun tentunya pengambilan menjadi lebih sulit karena jika fokus tidak tepat sekali, menghasilkan gambar yang blur.

 

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT