Macro

Cara Foto Laba-Laba sebagai Objek Makro

on
October 7, 2016

Cara Foto Laba-LabaHewan yang satu ini sebenarnya bukan kelompok serangga, karena serangga pada umumnya memiliki 6 kaki, sedangkan laba-laba memiliki 8 kaki. Serangga biasanya memiliki 3 bagian tubuh, sedangkan laba-laba hanya 2 bagian tubuh saja dan terakhir serangga umumnya memiliki sayap, sedang laba-laba tidak memiliki sayap. Uniknya, laba-laba umumnya memiliki 8 mata yang memiliki fungsi canggih yang berbeda-beda. Dalam kelompok hewan antropoda, laba-laba termasuk dalam kelas arachnida. Terdapat berbagai jenis laba-laba yang memiliki warna yang sangat bervariasi, ada hitam, coklat, oranye, merah, kuning, hijau bahkan biru. Ukurannya bisa beragam, mulai dari yang sangat kecil berukuran 6mm sampai yang besar berukuran 12 inchi. Keunikan-keunikan tersebut yang membuat hewan ini sangat tepat untuk dijadikan objek makro yang indah. Akan saya bahas bagaimana cara foto laba-laba sebagai objek makro.

 

Hewan ini biasanya ditemukan di tempat-tempat yang jarang di jamah oleh manusia, kamu harus pergi ke hutan untuk mendapatkan laba-laba yang memiliki warna dan motif yang indah. Sebelum membidik laba-laba sebagai objek makro kamu, sebaiknya pelajari dulu jenis gerakan pada laba-laba tersebut. Ada laba-laba yang cenderung diam di sarangnya, ada laba-laba memiliki gerakan sangat cepat dan ada pula laba-laba yang pandai melompat. Setting kamera harus disesuaikan dulu dengan cahaya sekitar atau dengan bantuan lampu flash. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan tripod dan sumber cahaya tambahan, bisa berupa lampu flash atau ring flash, karena laba-laba umumnya berada di tempat yang cenderung redup dan gelap. Gunakan mode spot metering agar mendapatkan kalkulasi metering hanya pada objek saja. Mode burstable shot juga sangat membantu untuk mendapatkan fokus yang tepat, terutama jika laba-laba bergerak. Hati-hati jangan sampai tersengat oleh laba-laba, karena racun laba-laba bersifat neurotoxic yang dapat melumpuhkan sel-sel saraf korban. Beberapa jenis laba-laba bahkan memiliki racun yang sangat mematikan, namun tidak perlu khawatir, laba-laba pada dasarnya tidak suka menyerang manusia, kecuali jika sengaja diprovokasi.

 

Pada foto laba-laba di atas ukurannya sebenarnya hanya sekitar 8mm, saya ambil di sekitar lapangan rumput dengan menggunakan diagfragma yang agak sempit untuk mendapatkan DoF yang cukup lebar agar detail dari seluruh tubuh laba-laba dapat diambil. Jarak pengambilan hanya sekitar 5-10cm menggunakan lensa makro dengan rasio magnification 1:1, focal lenght 90mm dan menggunakan pencahayaan yang ada saja. (MM)

 

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT